Minggu, 22 Maret 2009

Aplikasi Komputer Dalam Bidang Pertanian

1. Controlled Ecological Life-Support System (CELSS)

Konsep dasar CELSS atau mini-earth ini adalah produksi tanaman untuk bahan makanan menggunakan sistem yang tertutup dengan pencahayaan terutup dengan pencahayaan buatan (artificial lighting) yang dapat diatur intensitas dan waktunya, penambahan CO2 sampai level tertentu yang dibutuhkan tanaman, penggunaan nutrisi sesuai kebutuhan tanaman, kontrol suhu ruangan maupun akar, dan kelembaban ruangan. Semua aspek tersebut dikontrol dan diprogramkan oleh komputer yang terkoneksi dan dapat dipantau dengan tingkat akurasi yang tinggi.
Controlled Ecological Life-Support System (CELSS) dapat dibangun untuk mencari dan mendapatkan kemungkinan fotosintesis tertinggi yang dapat dihasilkan berdasarkan computer- driven manipulation dari variable lingkungan tersebut. Tanaman dapat dipertahankan dalam kondisi yang optimal menggunakan pengaturan dan pengawasan secara hidroponik sehingga penggunaan sumberdaya untuk pengukuran dan eksperimen, hasil panen per sumber daya yang dihasilkan dapat diidentifikasi untuk mendapatkan hasil yang seimbang antara biaya dan hasil panen. Amerika Serikat merupakan salah satu pelopor dalam penelitian ini, dan dikembangkan di Kennedy Space Center (KSC) Florida sejak tahun 1985. Pada tahun 2001 proyek ini ditingkatkan dengan menggunakan fasilitas seperti Biomass Production Chamber (BPC). Seperti Japan's Mini Earth, KSC dengan CELSS-nya telah berhasil mengembangkan makanan pokok seperti beras, gandum, dan kedelai. Sedang dijalankan adalah pengembangan tanaman untuk salada dan buah seperti selada, bawang, lobak, tomat, lada dan juga stroberi. Beberapa sayuran dan buah-buahan lainnya juga direncanakan akan diujicobakan karena dapat tumbuh dengan efisien seperti layaknya tomat dan selada.


2. Sketch Up.
Sketch Up merupakan apalikasi computer yang digunakan untuk membuat gambar tiga dimensi. Secara tehnis aplikasi Sketch Up sangat dibutuhkan dalam dunia pertanian, terutama dalam pembuatan perencanaan yang akan dijalankan dalam usaha dibidang peertanian.

Aplikasi Sketch Up dapat dimanfaatkan dalam mendesain pemetakan lahan (lahan perkebunan, lahan sawah, tambak ikan dll), mendesain bangunan irigasi, mendesain pembuatan greend house, pembuatan screen house, mendesain perencanaan pembangunan infrastruktur pertanian dll. Aplikasi Sketch Up sangat membantu seseorang dalam hal merencanakan pembuatan/pembangunan sarana di bidang pertanian.

(Penulis telah memiliki Softwere Sketch Up 5)


Daftar pustaka (www.google.com “key word” Sketch Up)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar